16 Agt 2010

Ketika kita mengeluh

Berawal dari curhatan seorang teman, saya mencoba mengemukakan beberapa pendapat saya tentang sesuatu yang sudah menjadi teman kita dalam menjalani hidup, yaitu masalah.
Dalam mengarungi kehidupan ini semua orang tidak akan pernah terlepas dari yang namanya masalah, baik itu kecil sedang ataupun besar sekalipun. Karena hanya dengan masalah itu, kita bisa menjadi lebih dewasa, karena memang dengan adanya masalah kita dituntut untuk menyikapi dan menindaklanjuti permasalahan kita tersebut, sehingga kita bisa mengatasinya.
Ada beberapa hal yang sebaiknya anda ingat ketika mempunyai masalah, yaitu :


1. Jangan terlalu banyak mengeluh ke orang lain yang nantinya akan membuat orang lain menjadi risih dan tidak akan peduli lagi dengan masalah kita. Mengeluh boleh saja asal masih dalam batas kewajaran.
2. Selalu ingat firman Allah SWT dalam sebuah surat di Al-Quran yang menyebutkan bahwa " sesudah kesulitan pasti ada kemudahan " (qs. Al- insyirah). Yakinlah bahwa setelah kita mengalami kesulitan, pasti akan dibukakan jalan menuju pada kemudahan, karena Allah SWT tidak pernah mengingkari janjinya.
3.Jangan menunjukan kelemahan diri kita dengan terlalu sering mengeluh, karena hal itu sama dengan seperti seorang jepang yang melakukan harakiri.
4.Berusahalah untuk selalu mencari jalan keluar yang sesuai dengan keadaan, logika, dan syariat agama. Jangan melakukan hal-hal pintas yang justru akan merugikan diri kita sendiri.
5. Setiap masalah adalah tantangan yamg harus kita lalui, karena dengan masalah kita akan menjadi lebih dewasa dalam menentukan arah hidup kita.

Mungkin hanya itu yang saya bisa bahas kali ini. Bagi yang ingin share silakan komentar pada tempat yang telah di sediakan.

0 komentar:

Posting Komentar