21 Agt 2010

Puasa : "Talk Less Do More"

Menjalankan ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi umat islam yang telah mencapai usia baligh dan dinilai mampu menjalankannya, kecuali lansia dan orang yang sedang sakit. Karena puasa adalah salah satu dari Rukun Islam yang 5. Berbicara mengenai puasa, ini adalah salah satu kesempatan emas yang dimiliki oleh setiap muslim, dimana pada bulan Ramadhan banyak sekali pahala yang diberikan oleh Allah SWT dan nilainya pun berlipat ganda. Sungguh suatu keberuntungan besar bagi muslim yang dapat menjalankan puasanya dengan sungguh-sungguh, dilengkapi dengan melakukan amal/ perbuatan shaleh baik kepada Allah maupun kepada sesama, Insaya Allah dia akan mendapat apa yang disebut dengan :"Kemenangan".


Banyak sekali perbuatan baik yang bisa kita lakukan di bulan puasa, seperti membaca alqur'an yang setiap hurufnya bernilai pahala dan dilipatgandakan. Bahkan jika kita tidur pun, tidur kita bernilai ibadah. Mengapa demikian?
Kita ilustrasikan seperti ini saja supaya mudah difahami. Jika kita tidur pada bulan puasa adalah lebih baik daripada kita melakukan maksiat atau perbuatan yang tidak baik dan tidak diperbolehkan oleh agama, makanya tidur kita berpahala. Sebagai contoh, jika selama ini hobi atau kebiasaan kita adalah menggunjing atau menggossipkan orang lain yang jelas-jelas perbuatan tersebut tidak diperbolehkan oleh agama, dan jika kita melakukannya tentu kita akan berdosa, oleh karena itu untuk mencegah perbuatan dosa tersebut sebaiknya kita cegah dengan tidur. Tapi bukan berarti selama seharian penuh kita harus terus tidur, tidak demikian, karena hal ini pun masuk pada kategori berlebih-lebihan, ingat!! Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan, karena ia akan menjadi saudaranya setan, na'udzubillah!.
Alangkah lebih baik jika kita selama berpuasa melakukan amal shaleh, seperti mambaca alqur'an, berdzikir, bersedekah, menolong orang lain, membantu orang tua, dan hal baik lainnya.
Sedikit berbicara pada bulan puasa, dan lebih banyak melakukan amal shaleh, adalah pilihan terbaik.


Puasa : "Talk Less Do More!!! "

0 komentar:

Poskan Komentar